Hubungan Senam Yoga Dengan Kualitas Tidur di Sanggar Senam Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang


Putri, Ayu Andikasari. 2018. Hubungan Senam Yoga dengan Kualitas Tidur di Sanggar Senam Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. Program studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kendedes Malang. Pembimbing (1): Ns.Wiwit Nurwidyaningtyas, S.Kep.M.Biomed. Pembimbing (2): Ns. Erwanto, S.Kep


Kualitas tidur adalah suatu keadaan di mana tidur yang dijalani seorang individu menghasilkan kesegaran dan kebugaran di saat terbangun. Senam yoga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Senam yoga menekankan dasar latihan pada postur tubuh dan teknik mengendalikan pernafasan dalam dan pikiran.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa adanya Hubungan Senam Yoga dengan Kualitas Tidur di Sanggar Senam Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi analitik dengan menggunakan cross sectional. Populasinya adalahseluruh peserta baru sanggar senam yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan sampel 48 responden. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Variabel dependen adalah Kualitas Tidur dan variabel Independen Senam Yoga. Pengumpulan data senam yoga menggunakan lembar observasi kehadiran peserta dan kualitas tidur menggunakan kuesioner PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index).
Hasil uji Wilcoxon signed rank test didapatkan nilai ρ value nilai signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara senam yoga dengan kualitas tidur. Hal ini menunjukan bahwa senam yoga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kualitas tidur.

Kata Kunci : Senam Yoga, Kualitas Tidur


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ayu Andikasari Putri - Personal Name
Ns. Wiwit Nurwidyaningtyas, S.Kep., M.Biomed - Personal Name
Ns. Erwanto, S.Kep., MMRS - Personal Name
Ns. Ika Cahyaningrum, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Ns. Putu Sintya Arlinda Arsa, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 9
Subyek Keperawatan Komplementer
Senam Yoga
Kualitas Tidur
Klasifikasi 2018
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2018).Hubungan Senam Yoga Dengan Kualitas Tidur di Sanggar Senam Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com