Hubungan Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Kualitas Pelayanan Terapi Komplementer di Klinik Kendedes Malang
Laratmase, Martha. 2018. Hubungan Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Kualitas Pelayanan Terapi Komplementer di Klinik Kendedes Malang. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes Malang. Pembimbing I :Ns. Eny Rahmawaty, S.Kep., M.Kep. Pembimbing II :Ns. Ayu Nanda Lestari , S.Kep., M.Kep.
Pemberian terapi komplementer kepada masyarakat dipandang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien terhadap terapi komplementer menjadi orientrasi utama sebagai organisasi pelayanan kesehatan. Klien yang menerima terapi komplementer di Klinik Kendedes Malang cenderung tidak kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan klien terhadap kualitas pelayanan terapi komplementer di Klinik Kendedes Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi semua pasien yang datang ke klinik kendedes malang dan telah menerima terapi kolplementer berjumlah 90 orang. Sample sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan penyebaran dua kuesioner, yang mengukur masing-masing variabel kualitas pelayanan dan variabel tingkat kepuasan. Hasil penelitian didapatkan hubungan tingkat kepuasan klien terhadap kualitas pelayanan terapi komplementer di klinik Kendedes Malang. Diperoleh nilai ρ value sebesar 0,031 adalah kurang dari α = 0,05; nilai Zhitung sebesar 2,129. Semakin tinggi nilai pelayanan terapi komplementer maka semakin tinggi skor nilai tingkat kepuasan responden. Semakin bermutu kualitas pelayanan maka semakin responden merasakan puas. Diharapkan kepada responden untuk dengan sejujurnya mengisi kuesioner dan memberikan informasi ini kepada yang lain terkait dengan adanya pemberian terapi komplementer di Klinik Kendedes Malang.
Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Terapi Komplementer.
Detail Information
Citation
. (2019).Hubungan Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Kualitas Pelayanan Terapi Komplementer di Klinik Kendedes Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd