Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia di Energik Power Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang


Putri, Nurul Qomariah. 2018. Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Di Energik Power Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes Malang Program S1 Keperawatan. Pembimbing I : Siti Kholifah, S.Kep. Ners, M.Kep ; Pembimbing II : Lembah Andriani, S.Kep. Ners, MMRS.


Hipotensi dan hipertensi adalah masalah tekanan darah pada lansia. Prevalensi hipotensi dan hipertensi sama besarnya yaitu sebanyak 50%, salah satu untuk menstabilkan tekanan darah yaitu dengan terapi komplementer nonfarmakologis, salah satunya dengan senam yoga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam yoga terhadap tekanan darah pada lansia. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental one group pre-post design. Besar populasi lansia di Energik Power Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang sebanyak 29 orang. Besar sample sebanyak 27 responden, dengan menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian lembar observasi. Pengumpulan data tanggal 05 September 2018 sampai dengan 07 September 2018. Hasil dari Stastistik uji Wilcoxon signed rank test diperoleh nilai ρ value sebesar 0,000 adalah kurang dari α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh senam yoga terhadap tekanan darah pada lansia di Energik Power Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang. Didapatkan nilai Z sebesar 3,714 > 1,96. Setelah dilakukan senam yoga maka ada kecenderungan akan terjadi perubahan tekanan darah menjadi normal. berdasarkan hal tersebut di sarankan tetap melakukan senam yoga untuk menstabilkan tekanan darah pada lansia.


Kata Kunci : Senam Yoga, Tekanan Darah Pada Lansia


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurul Qomariah Putri - Personal Name
Ns. Siti Kholifah, M.Kep. - Personal Name
Ns. Lembah Andriani, S.Kep., MMRS - Personal Name
Ns. Eny Rahmawati, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Ns. Erwanto, S.Kep., MMRS - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 42
Subyek Keperawatan Komplementer
Senam Yoga
Tekanan Darah Lansia
Klasifikasi 2018
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2018).Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia di Energik Power Yoga Kecamatan Blimbing Kota Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com