Gambaran Kecemasan Ibu Nifas Fase Taking Hold di Rumah Bersalin Ibu Sri Diati Kecamatan Pakis Kabupaten Malang


Anggraini, Septa Dwi. 2018.Gambaran Kecemasan Ibu Nifas Fase Taking Hold Di Rumah Bersalin Ibu Sri Diati Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes Malang Pembimbing I: Eka Yuni Indah N.SST.,M.Keb., Pembimbing II: Ns. Putu Sintya Arlinda Arsa, S.Kep., M.Kep.

Kecemasan yang terjadi pada periode postnatal disebabkan karena adanya proses transisi wanita dan pria dalam proses menjadi orang tua.Pada tahapan fase taking hold inilah timbul rasa khawatir akan ketidakmampuan dan rasa tanggung jawabnya dalam merawat bayi. Jika ibu nifas tidak dapat atau mengalami keraguan dalam menjalani masa taking hold, maka ibu nifas dapat mengalami gangguan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui gambaran kecemasan ibu fase taking hold di rumah bersalin Ibu Sri Diati Kecamatan Pakis Kabupten Malang.
Penelitian dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi semua ibu nifas dirumah Bersalin ibu Sri Diati Kecamatan Pakis Kabupaten Malang berjumlah 30 orang. Sampel sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuisoner Zung Self Rating Anxiety Scale yang di awalai dengan screening menggunakan Endinburg Postnatal Depression Scale.
Hasil penelitian yang dilakukan pada 20 responden didapatkan hasil analisa data distribusi frekuensi yaitu sebanyak 18 responden ibu yang mengalami kecemasan sedang, 1 responden (5%) mengalami kecemasan ringan, 1 responden (5%) mengalami kecemasan berat. Dengan demikian dapat dilakukan dengan memberikan konseling atau penyuluhan, kelas ibu hamil, oleh tenaga kesehatan (Bidan, Dokter, atau Perawat) dan diharapkan antara ibu nifas dan tenaga kesehatan dapat bekerja sama dengan baik.

Kata Kunci : Kecemasan, Nifas


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Septa Dwi Anggraini - Personal Name
Eka Yuni Indah Nurmala, SST, M.Keb. - Personal Name
Ns. Putu Sintya Arlinda Arsa, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Ns. Veny Erlisa Riskia Irawan, S.Kep., M.Kes. - Personal Name
Ns. Ayu Nanda Lestari, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 9
Subyek Kecemasan
Nifas
Klasifikasi 2019
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
Kecemasan
Nifas

Citation

. (2019).Gambaran Kecemasan Ibu Nifas Fase Taking Hold di Rumah Bersalin Ibu Sri Diati Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com