ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK KEJANG DEMAM DENGAN HIPERTERMIA DI PUSKESMAS PAKIS MALANG


ABSTRAK
Lestari, Rina Puji. 2023. Asuhan Keperawatan pada Anak Kejang Demam dengan Hipetermia di Puskismas Pakis Malang. Program Studi Diploma III Keperawatan. Laporan Tugas Akhir. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes Malang. Pembimbing 1 : Ns Eny Rahmawati, S.Kep., M.Kep, Pembimbing 2 : Ns. Luluk Nur Aini, S.Kep., M.Kep.
Kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi pada saat suhu meningkat lebih dari 38,5℃ disebabkan oleh proses ekstrakranial. Kejang merupakan perubahan fungsi otak mendadak dan sementara sebagai akibat dari aktivitas neuronalnya abnormal dan pelepasan listrik serebral yang berlebihan. Hipertermia merupakan keadaan peningkatan suhu tubuh yang berhubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk menghilangkan panas ataupun mengurangi produksi panas. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan asuhan keperawatan kejang demam pada 2 pasien anak dengan Hipertermia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dua klien yang mengalami Hipertermia. Diagnosa yang muncul yaitu Hipertermia. Intervensi yang dilakukan pada dua klien yaitu penangan hipertermia dengan kompres hangat dan edukasi penanganan kejang demam pada anak di rumah. Evaluasi yang didapatkan setelah dilakukan tindakan implementasi makan suhu tubuh pasien dapat kembali dalam keadaan normal dan tidak ada komplikasi lanjutan akibat kejang demam. Dengan demikian, asuhan keperawatan ini dapat dilakukan oleh orang tua dalam penanganan dan mencegah terjadinya kejang demam pada anak saat di rumah. Diharapakan dari hasil penelitian ini orang tua dapat mengenali dan memahami tanda dan gejala kejang demam pada anak dan dapat mencegah komplikasi pada anak demam.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rina Puji Lestari - Personal Name
Ns. Eny Rahmawati,S.Kep.,M.Kep - Personal Name
Ns. Luluk Nur Aini, M.Kep. - Personal Name
Ns. Siti Kholifah, M.Kep - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 852
Subyek Kata Kunci : Anak, Hipertermia, Kejang Demam
Klasifikasi 616.04 RIN a
Judul Seri
GMD Tugas Akhir
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2023).ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK KEJANG DEMAM DENGAN HIPERTERMIA DI PUSKESMAS PAKIS MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com