Pengaruh Terapi Pijat Refleksi Kaki Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia di Panti Griya Asih Lawang Kabupaten Malang


Widowati, Oktaviana Wahyu. 2018. Pengaruh Terapi Pijat Refleksi Kaki Terhadap Kualitas Tidur pada Lansia di Panti Griya Asih Lawang. Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendedes Malang. Pembimbing I: Siti Kholifah, S. Kep., Ners., M.Kep. Pembimbing II: Lembah Andriani, S. Kep., Ners, MMRS.

Setiap individu mengalami proses penuaan pada organ tubuh yang berbeda-beda. Proses penuaan terjadi salah satunya yakni adanya penurunan hormon melatonin sehingga lansia tidak dapat tidur sampai tahap dalam. Pada lansia pula terjadi penurunan fungsi tubuh akibat bertambahnya usia yang menyebabkan perubahan pola tidur sehingga efisiensi tidur semakin berkurang. Untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia dapat dilakukan melalui terapi komplementer, salah satunya terapi pijat refleksi kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi pijat refleksi kaki terhadap kualitas tidur pada lansia di Panti Griya Asih Lawang Kabupaten Malang. Desain penelitian ini Pre-Eksperimental dengan One Group Pre-Post Test Design, populasi dan sampel pada penelitian ini sejumlah 21 orang dengan teknik total sampling dan dianalisa data menggunakan Paired t-test. Hasil penelitian didapatkan data kualitas tidur lansia sebelum diberikan terapi pijat refleksi kaki dengan nilai mean 12,24, sedangkan setelah diberikan terapi pijat refleksi kaki mean kualitas tidur adalah 4,95. Hasil analisa didapatkan angka yang signifikan p value = 0,000 yang berarti ada pengaruh terapi pijat refleksi kaki terhadap kualitas tidur pada lansia di Panti Griya Asih Lawang Kabupaten Malang. Disarankan petugas kesehatan dapat memberikan terapi pijat refleksi kaki kepada lansia untuk meningkatkan kualitas tidurnya.


Kata Kunci: Kualitas Tidur, Terapi Pijat Refleksi Kaki


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Oktaviana Wahyu Widowati - Personal Name
Ns. Siti Kholifah, M.Kep. - Personal Name
Ns. Lembah Andriani, S.Kep., MMRS - Personal Name
Ns. Veny Erlisa Riskia Irawan, S.Kep., M.Kes. - Personal Name
Ns. Yulia Candra Lestari, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 40
Subyek Keperawatan Komplementer
Terapi Pijat Refleksi Kaki
Kualitas Tidur
Klasifikasi 2018
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2018).Pengaruh Terapi Pijat Refleksi Kaki Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia di Panti Griya Asih Lawang Kabupaten Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com