Pengaruh Terapi Teratawa Terhadap Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang


Husniah, Siti. 2019. Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Kecemasan Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan. STIKes Kendedes Malang. Pembimbing (1): Dian Hanifah, S.ST, M.Keb., Pembimbing (2): Chinthia Kartikaningtias, S.Kep., Ns., M.Kep.
Kecemasan pada kehamilan merupakan reaksi emosional yang terjadi pada ibu hamil terkait dengan kekhawatiran ibu dengan kesejahteraan diri dan janinnya. Kecemasan pada ibu hamil dapat timbul khususnya pada trimester ketiga kehamilan hingga saat persalinan,. Kekhawatiran dan kecemasan pada ibu hamil apabila tidak ditangani dengan serius akan membawa dampak dan pengaruh terhadap fisik dan psikis. Terapi tertawa adalah suatu terapi untuk mencapai kegembiraan didalam hati yang dikeluarkan melalui mulut dalam bentuk suara tawa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh terapi tertawa terhadap kecemasan pada ibu hamil trimester III.
Desain penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental one grup pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu hamil di puskesmas polowijen kecamatan blimbing kota malang yang berjumlah 168 dan jumlah sampel 30 responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar kuesioner HARS (Hamiltion Anxieety Rating Skala). Penelitian ini dilakukan di puskesmas polowijen kecamatan blimbing kota malang dan di rumah masing-masing responden pada bulan januari, februari dan maret.
Berdasarkan hasil Uji statistik wilcoxon dengan Zhitung -4,789 Sig 0,000 < α : 0,05. Di peroleh nilai ρ value nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah ada pengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III.
Kata Kunci : Terapi Tertawa, Kecemasan Ibu Hamil Trimester III


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Siti Husniah - Personal Name
Dian Hanifah, SST., M.Keb. - Personal Name
Ns. Chinthia Kartikaningtias, M.Kep. - Personal Name
Ns. Yulia Candra Lestari, S.Kep., M.Kep. - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 28
Subyek Keperawatan Komplementer
Terapi Tertawa
Kecemasan Ibu Hamil
Klasifikasi 2019
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2019).Pengaruh Terapi Teratawa Terhadap Kecemasan Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com