PERILAKU KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI ERA PANDEMIC COVID-19 DI KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG


Latar Belakang: Antenatal Care adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan pada ibu hamil selama masa kehamilannya untuk mencegah terjadinya komplikasi terhadap kehamilan serta untuk mempersiapkan kelahiran yang sehat. Pentingnya pengetahuan ibu hamil tentang ANC diera pandemic covid 19 maka pemerintah Indonesia melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi COVID-19 dikarenakan yang menjadi perhatian utama adalah pada kelompok rentan yang potensi resiko lebih besar salah satu diantaranya adalah kelompok ibu hamil (Qiao, 2020). Ibu hamil tercatat salah satu kelompok rentan resiko terinfeksi COVID-19 dikarenakan pada masa kehamilan terjadinya perubahan fisiologi yang mengakibatkan penurunan kekebalan parsial dan dapat menyebabkan dampak yang serius bagi ibu hamil. (Liang & Acharya, 2020).
Tujuan: Untuk mengetahui karakteristik dan perilaku kunjungan antenatal care selama masa pandemic covid-19 di kecamatan Blimbing, Kota Malang.
Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan menggunakan teknik Purposive sampling. Dengan jumlah populasi semua ibu hamil trimester 3 yang berjumlah 50 orang, dan sampel yang digunakan 45 orang yang termasuk dalam kriteria inklusi dan eksklusi. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner serta wawancara secara langsung dan melalui telepon, selain itu penelitian ini menggunakan data sekunder berupa buku catatan rekam medis.
Hasil: sebagian besar responden berusia 21-35 tahun adalah 41 (91,1%), pendidikan SMA 26 responden (57,8), tidak bekerja/IRT sebesar 32 responden (71,1%), berusia 28-31 minggu, serta usia kehamilan 32-35 yaitu 17 responden (37,8%), primigravida yaitu 18 responden (40,0%), dan berperilaku positif yaitu 24 responden (53,3%)
Kesimpulan: Perilaku kunjungan antenatal care di Kecamatan Blimbing, Kota Malang dimasa pandemic covid-19 adalah positif (53,3%).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ulfa Nurhidayati,S.KM.M.Kes - Personal Name
Edisi
No. Panggil 2023
Subyek Perilaku
Kunjungan ANC
Klasifikasi 610.28
Judul Seri
GMD Artikel Jurnal Dosen
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2023).PERILAKU KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI ERA PANDEMIC COVID-19 DI KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com