PENGARUH WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RS PRIMA HUSADA MALANG
ABSTRAK
Kristanti, Nike. 2023. Pengaruh Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan terhadap
Tingkat Kepuasan Pasien di RS Prima Husada Malang. Skripsi. Program S1
Keperawatan. Sekolah Tinggri Ilmu Kesehatan Kendedes Malang.
Pembimbing I: Dr. Ns.Lembah Andriani, S.Kep, MMRS; Pembimbing II:
Ns. Erwanto, S.Kep,MMRS
Waktu tunggu adalah waktu yang digunakan pasien untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan mulai dari tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang
pemeriksaan dokter. Berdasarkan Kemenkes RI No.129/Menkes/SK/IV/2008 pada
pelayanan rawat jalan untuk indikator waktu tunggu pelayanan yaitu 60 menit di
mulai dari pasien mendaftar sampai di terima atau dilayani oleh dokter spesialis.
Kepuasan adalah persepsi terhadap produk atau jasa yang telah memenuhi
harapannya. Jadi kepuasan pelanggan adalah hasil dari akumulasi konsumen atau
pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa tersebut .Kepuasan pasien adalah
salah satu indikator kualitas pelayanan yang kita berikan dan kepuasan pasien
adalah suatu modal untuk mendapatkan pasien lebih banyak lagi dan untuk
mendapatkan pasien yang loyal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan mengguanakan metode survey. Metode pendekatan survey adalah
penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta – fakta dari gejala – gejala
yang ada dan mencari keterangan - keterangan secara factual , baik tentang institusi
sosial, ekonomi, atau suatu kelompok ataupun daerah.Berdasarkan hasil penelitian
dari 99 responden, responden dengan waktu tunggu sesuai standart sebanyak 81
responden (81,8%) dan waktu tunggu tidak sesuai standart sebanyak 18 responden
(18,2 %). Dapat disimpulkan waktu tunggu pelayanan rawat jalan di RS Prima
Husada Malang sudah sesuai standart menurut 81 responden dan tidak sesuai
standart menurut 18 responden.Setelah dilakukan penelitian tentang Pengaruh
Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di RS
Prima Husada Malang dapat disimpulkan bahwa Distribusi frekuensi waktu tunggu
dari 99 responden diperoleh waktu tunggu sesuai standart sebanyak 81 responden
(81,8%) sedangkan waktu tunggu tidak sesuai standart 18 responden (18,2%) ,
distribusi responden kepuasan pasien dari 99 responden di peroleh jumlah
responden puas sebanyak 56responden ( 69,1%) sedangkan tidak puas lebih sedikit
yaitu 18 responden (41,9%), Ada pengaruh antara waktu tunggu pelayanan dengan
kepuasan pasien rawat jalan dengan p value 0,000
Detail Information
Citation
. (2023).PENGARUH WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RS PRIMA HUSADA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd