PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE ALAT PERAGA TERHADAP PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK DI SDN POLOWIJEN 3
ABSTRAK
Shinta. 2023. Pengaruh Pemberian Edukasi Cara Menggosok Gigi Dengan
Metode Alat Peraga Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Pada Anak
di SDN Polowijen 3. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan STIKes
Kendedes Malang. Pembimbing I: Ns.Eny Rahmawati, S.Kep. M.Kep;
Pembimbing II: Ns. Luluk Nur Aini, M.Kep.
Menyikat gigi adalah tindakan untuk membersihkan gigi dan mulut dari
sisa makanan atau debris yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit
pada jaringan keras maupun jaringan lunak di mulut (Nurjanah et al., 2020).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian
edukasi cara menggosok gigi dengan metode alat peraga terhadap perilaku
menggosok gigi pada anak di SDN Polowijen 3. Metode yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif, dengan one-group pretest – posttest design. Teknik
Penelitian menggunakan total sampling, sebanyak 52 orang responden, sampel
penelitian di SDN Polowijen 3. Pengambilan data dilakukan pada bulan April
tahun 2023 dengan menggunakan lembar koesioner perilaku menggosok gigi
yang disebar langsung pada responden. Hasil analisa data menggunakan Paired
Sample t-test ( uji-t berpasangan ) diperoleh nilai Sig. ( 2-tailed) 0,000 < 0,05
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku siswa dalam menggosok gigi
sebelum di edukasi (pre pos) dan sesudah di edukasi (pos tes). Terdapat
pengaruh pemberian edukasi cara menggosok gigi dengan metode alat peraga
terhadap perilaku menggosok gigi pada anak kelas II dan III di SDN Polowijen
3.
Detail Information
Citation
. (2024).PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN METODE ALAT PERAGA TERHADAP PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK DI SDN POLOWIJEN 3.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd