PENERAPAN TERAPI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK PRASEKOLAH DENGAN ANSIETAS SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG ST. THERESIA RS. PANTI NIRMALA MALANG
PENERAPAN TERAPI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK
PRASEKOLAH DENGAN ANSIETAS SELAMA HOSPITALISASI
DI RUANG ST. THERESIA RS. PANTI NIRMALA MALANG
Fitri Dwi Astuti1
, Siti Kholifah2
, Erwanto3
, Nurul Anjarwati4
ABSTRAK
Hospitalisasi merupakan salah satu penyebab terjadinya trauma psikologis pada
anak yang dirawat rumah sakit. Salah satu dampak yang sering terjadi pada anak yang
menjalani rawat inap adalah ansietas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan
asuhan keperawatan pada anak yang menjalani perawatan di rumah sakit dengan masalah
ansietas berdasarkan SDKI, SIKI, SLKI di Ruang St. Theresia RS. Panti Nirmala Malang.
Karya Tulis Ilmiah ini berbentuk studi kasus yang menggunakan metode penelitian
deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan asuhan keperawatan format
pengkajian asuhan keperawatan anak, SOP terapi bermain playdough, lembar observasi
dan lembar kuesioner DASS (Depression Anxiety Stres Scale). Penelitian ini
menggunakan tiga subjek yang telah sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil studi kasus pada
pengkajian ditemukan ke tiga subjek tampak takut, menangis, rewel, marah-marah bila
didekati perawat, sulit berkonsentrasi, tampak gelisah, tegang dan sulit tidur setelah
dilakukan prosedur invasif. Diagnosa yang muncul berdasarkan SDKI yaitu ansietas
(D.0080), dengan luaran keperawatan menurut SLKI yaitu tingkat ansietas menurun
(L.09093), dengan intervensi menurut SIKI yaitu terapi relaksasi (1.09326). Intervensi
yang dilakukan adalah dengan terapi bermain menggunakan playdough yang dilakukan
selama 15 hingga 30 menit sekali sehari selama 3 hari. Setelah dilakukan implementasi
selama 3 hari, maka hasil evaluasi akhir yaitu pada an.G ansietas sudah berkurang dari
kecemasan berat skor DASS 30 menjadi kecemasan sedang skor DASS 10, pada an.C
ansietas juga berkurang dari kecemasan berat skor DASS 24 menjadi kecemasan ringan
skor DASS 9, sedangkan pada an.E ansietas berkurang dari kecemasan berat skor DASS
36 menjadi kecemasan sedang skor DASS 12. Media terapi bermain ini efektif digunakan
untuk mengurangi ansietas pada anak saat anak berada di rumah saki
Detail Information
Citation
. (2024).PENERAPAN TERAPI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK PRASEKOLAH DENGAN ANSIETAS SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG ST. THERESIA RS. PANTI NIRMALA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd