Hubungan Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks dengan Perilaku Seks Pada Siswa Kelas XI TKR 1 SMK PGRI Singosari Kabupaten Malang
Angka kejadian perilaku seks pranikah pada remaja setiap tahun cenderung meningkat hal ini disebabkan oleh beberapa faktorsalah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seks yang merupakan salah satu komponen yang dapat membentuk perilaku seksual pranikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja tentang pendidikan seks dengan perilaku seks pranikah pada siswa kelas XI TKR I SMK PGRI Singosari Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Korelasi dengan populasi sebanyak 34 siswa dan sampel sebanyak 33 siswa menggunakantotal sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan 18 penyataaan dan perilaku 20 pernyataan. Pengolahan data menggunakan analisa data Pearson Product Moment. Hasi penelitian diperoleh dari 33 responden didapatkan data 16 responden (48,5%) berpengetahuan baik, 12 responden (36,4%) berpengetahuan cukup dan 5 responden (15,2%) berpengetahuan kurang.Hasil analisa dengan menggunakan ujiPearsonKorelasi didapatkan angka signifikan (p=0,014) karena P value α = 0,05 sehingga H1 diterima yang berarti ada hubungan antara pengetahuan tentang pendidikan seks dengan perilaku seks pada siswa kelas XI TKR 1 SMK PGRI Singosari Kabupaten Malang. Dimana pengetahuan siswa baik tentang pendidikan seks maka akan mengarah perilaku responden menjadi baik. Diharapkan kepada siswa untuk lebih meningkatkan pengetahuan sehingga mengetahui dan memahami, serta dapat berperilaku baik untuk menghindari resiko penularan penyakit ataupun kejadian aborsi. Dan juga bagi institusi harus menyiapkan kegiatan-kegiatan yang positif bagi remaja misalnya penyuluhan tentang pendidikan seks.
Detail Information
Citation
. (2019).Hubungan Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks dengan Perilaku Seks Pada Siswa Kelas XI TKR 1 SMK PGRI Singosari Kabupaten Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd