Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Kelas 2F SMPN 1 Gandusari Kabupaten Blitar
Perilaku bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan secara sengaja dan secara berulang-ulang. Kasus bullying di sekolah menduduki tingkat teratas pengaduan masyarakat di sektor pendidikan. Kasus bullying menimpa anak-anak di Indonesia baik di perkotaan dan pedesaan hampir sama rata kasusnya. Pengetahuan remaja tentang bullying dapat ditingkatkan dengan dilakukannya pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan diperlukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Bullying terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Bullying Kelas 2F SMPN 01 Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design dengan sampel sebanyak 35 orang menggunakan Total Sampling. Kemudian pengumpulan data dengan analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian sebelum dilakukan pendidikan kesehatan tentang bullying didapatkan nilai mean 10,0571, nilai mean sesudah dilakukan pendidikan kesehatan adalah 12,7143.hasil analisa dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan angka yang signifikan p value = 0,000 yang berarti ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Bullying terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Bullying Kelas 2F SMPN 01 Gandusari Kabupaten Blitar. Berdasarkan penelitian ini, penyuluh dapat meningkatkan pengetahuan individu dengan adanya stimulus terhadap panca indera yang dimiliki. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang pengaruh tingkat pengetahuan remaja terhadap perilaku bullying pada remaja.
Detail Information
Citation
. (2018).Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Kelas 2F SMPN 1 Gandusari Kabupaten Blitar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd