Efektivitas Pijat Releksi Kaki Terhadap Tekanan Darah di Kelurahan Polowijen RT 04 RW 01 Kecamatan Blimbing Kota Malang


Tekanan darah merupakan faktor yang sangat penting pada sistem sirkulasi. Tekanan darah adalah kekuatan lateral pada dinding arteri oleh darah yang didorong dengan tekanan dari jantung (Perry & Potter,2010). Terdapat dua macam kelainan tekanan darah anatara lain yang dikenal sebagai hipertensi atau tekanan darah tinggi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah (hipotensi). Salah satu terapi yang dapat digunakan untuk komplikasi tekanan darah antara lain menggunakan terapi pijat refleksi kaki. Pijat refleksi adalah melakukan penekanan pada titik syaraf di kaki, untuk memberikan rangsangan bio-elektrik pada organ tubuh tertentu yang dapat memberikan perasaan rileks dan segar, karena aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar (Trionggo, 2013).pijat reflesi kaki juga merangsang produksi hormon endorphin yang berfungsi untuk relaksasi.
Desain penelitian ini adalah desain Pre Eksperimental dengan pendekatan pre dan post one group design yang melibatkan 1 kelompok, yaitu kelompok perlakuan, dari masing-masing kelompok yang terdiri dari 35 sampel dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon Signet Rank Test. Hasil penelitian sebelum dan sesudah dilakukan pijat refleksi kaki , sebelum di dapatkan nilai mean 128, dan nilai mean sesudah di dapatkan nilai mean adalah 120. Dengan hasil probabilitas uji p value = 0,000 yang berarti terdapat efektifitas pijat refleksi terhadap tekanan darah. Saran untuk tenaga kesehatan khususnya tenaga perawat agar melakukan pelatihan pijat refleksi kaki bagi perawat sebagai salah satu intervensi yang harus terus menerus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien dalam menurunkan tekanan darah.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Martha Marselina Meme - Personal Name
Wiwit Nurwidyaningtyas - Personal Name
Erwanto - Personal Name
Dwi Nur Rahmantika Puji Safitri - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 6
Subyek Tekanan Darah
Pijat Refleksi Kaki
Klasifikasi 2020
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kendedes Malang
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2020).Efektivitas Pijat Releksi Kaki Terhadap Tekanan Darah di Kelurahan Polowijen RT 04 RW 01 Kecamatan Blimbing Kota Malang.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Selamat Datang

Di Repository STIkes Kendedes Malang

Media Sosial / Kanal

Facebook Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Youtube Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official
Instagram Perpustakaan STIKes Kendedes Malang Official

Alamat

STIKes Kendedes Malang
Jalan Panji Suroso No. 6
Kota Malang
E: itkendedes@gmail.com